no iklan ( no commercial )

page

Sabtu

Pendakian Argopuro 08 Okt - 16 Okt 2011

Pendakian Bersama KPGI - PEMULA ADV SBY
WAKTU    : 08 Okt - 16 Okt 2011
LOKASI     : Argopuro Mount 3.088 mdpl

JURNAL PERJALANAN DAY 1
sabtu 8 okt tim bertolak dr sta senen jkt dgn tujuan sta wonokromo jatim pkl 12.30 wib. tiba di sta wonokromo pkl 04.00 pagi sdh disambut duo sobat Pemula Adv mpronk & aria yg sdh menyediakan angkot utk perjlnan ke rmh mpronk sbg basepoint awal kami.pkl 16.00 kami mulai perjalanan dr terminal Purabaya Sby stlh menunggu rombongan lain yg datang belakangan. beranggotakan 14 org kami melaju ke probolinggo & dilanjutkan ke besuki. mlm itu rombongan menginap di mapolsek besuki & paginya kami sdh disambut bang jhony dr KPA setempat yg akan membantu kami menguruskan administrasi pendakian.

DAY 2
berangkat dr mapolsek besuki pkl 09.00 dgn mencarter angkot utk membawa kami ke gerbang pendakian argopuro di baderan.pkl 10.30 dr gerbang pendakian argopuro ini kami memulai perjalanan yg sngt panjang utk menuju pos mata air 1 sbg tujuan kamp kami. dng menyusuri jlnan yg tertata dgn batu2an kami beriringan dibawah sengatan matahari argopuro yg sprti tak knl ampun menyengat kami di trek yg gersang tanpa pepohonan disepanjang treknya.biar begitu aliran sungai2 dijurang2 dibwh kami sdkt memberi hiburan ditngah teriknya matahari siang itu.setelah lbh dr setengah jam kami berhenti sejenak di shelter payung yg berada disisi aliran irigasi & di tmpt ini kamipun berpisah dgn bang jhony yg dr awal setia mengantar kami. perjalanan kami lanjutkan dgn melewati sebuah mata air yg sngt jernih yg kami manfaatkan utk mengisi ulang persediaan air kami. menjelang sore kami mulai memasuki area hutan setelah melewati trek yg berdebu tebal. beberapa anggota tim yg paling blkng msh sempat memergoki seekor macan kumbang yg berlari menuruni tebing sambil mengejar monyet hitam. menjelang maghrib kami semua memutuskan utk membuka camp krn mata air 1 dirasa msh ckp jauh & adanya larangan tdk tertulis yg melarang pendakian di mlm hr krn faktor X.

DAY 3
pagi hr kami lngsng melanjutkan perjalanan dgn tujuan langsng ke pos cikasur. sampai di pos mata air 1 kami beristirahat sejenak sambil mengisi stok air kami. pos mata air 1 berupa tanah datar yg tdk begitu luas & trdpat sumber air di sisi kiri jalur yg berupa aliran sungai kecil yg utk mencapainya hrs melewati turunan yg tajam. setelah tenaga terkumpul kembali kamipun melanjutkan perjalanan menuju pondok cikasur. sayang ditengah perjalanan kami mewlewatkan  pos mata air 2 krn pohon sbg penunjuk sdh tumbang shngga kami melaju trs dgn sisa air yg kami miliki masing2. pukul 15.00 kami smua sampai di sabana kecil & selanjutnya trek yg kami lalui hny berupa sabana argopuro yg sprti tdk berujung.
menjelang maghrib tim mulai memasuki sungai cikasur yg jernih & berkelok2. utk sampai di pondok cikasur qta hrs melepas celana krn sungai cikasur lmyn dalam hingga sepaha org dewasa. mlm itu kami membuka tenda di pondok cikasur di temani sisa2 bangunan peninggalan jepang. di tmpt ini bnyk dijumpai musang gunung & jg burung merak yg menghuni bantaran sungai cikasur. dan mlm itupun kami berkesempatan menyantap 2 ekor musang hasil buruan kami.

DAY 4
paginya kami msh bermalas2an menikmati panorama alam cikasur yg berupa padang sabana yg sangat luas yg dilengkapi dng bekas landasan pesawat yg sdh tertutup rumput yg sngt tebal namun msh bs dilihat dgn jelas.
pukul 11.00 siang kami meninggalkan cikasur dgn tujuan pondok cisentor. dgn mendaki bukit disisi kanan jalur kami mulai perjalanan dgn matahari yg msh setia memanggang kami semua. krn teriknya matahari & medan yg terbuka membuat kami berpencar menjadi kelompok2 kecil yg saling berjauhan. jalur yg kami lalui msh tetap sama yaitu menembus sabana panjang terus masuk hutan, sabana lagi hingga menjumpai pinggiran jurang yg terdengar gemericik air yg menandakan pondok cisentor di dpn mata. pukul 16.30 tim pertama tiba di pondok cisentor yg disusul tim kedua selang sejam berikutnya. dan menjelang isya akhrnya tim terakhr merapat di pondok cisentor. pondok cisentor berupa bangunan panggung yg lmyn lebar yg trdpt di atas sungai cisentor. ditmpat ini terdapat area kamp yg cukup luas & terkenal paling dingin di antara pos2 lain di argopuro.

DAY 5
pagi2 sekali kami semua sdh bangun utk persiapan pendakian ke 2 puncak argopuro & rengganis. dng meninggalkan tas cariel kami di pondok cisentor kami melaju dgn cepat menaiki bukit2 kecil yg bnyak ditumbuhi edelweis yg kala itu blm mekar bunganya. setelah hampir 2 jam kamipun tiba di pos rawa embik. pos rawa embik berupa sabana yg trdpt sungai kecil sbg mata air terakhr sebelum puncak. stlh beristrht sejenak kamipun melaju lagi tanpa beban & sejam kemudian kami sampai di alun2 simpang puncak rengganis.puncak argopuro menjadi tujuan pertama kami berada di sisi kanan jalur. hny 8 org yg mencapai puncak argopuro tepat pukul 10 pagi. ketika kami sedang melakukan sesi poto2 di puncak argopuro mendadak kami semua dikejutkan goyangan bumi yg ternyata adalah gempa bali yg br kami ketahui stlh kami berada di bremi.
sungguh pengalaman yg mendebarkan ketika tiba di puncak laksana gunung sprti mau roboh krn getaran gempa yg mengakibatkan tumpukan batu2 di puncak argopuro ikut bergoyang. kamipun kembalai ke simpang puncak utk meneruskan pendakian ke puncak rengganis & kami smua tiba di puncak rengganis pukul 11.15.
di puncak ini kami tdk berlama2 krn matahari sngt terik dsini. pkl 12 siang kami mulai turun puncak menuju pondok cisentor tempat kami bermalam. krn 4 org anggota pendakian fisiknya sdh mulai melemah kamipun urung melanjutkan perjalanan & sepakat utk bermalam lg di cisentor.

DAY 6
paginya dgn fisik yg msh pas2an kami memulai perjalanan turun gunung dgn melalui jalur bremi yg berada tepat di belakang pondok cisentor. kembali tim terpecah menjadi kelompok2 kecil krn sebagian anggota ada yg kurang fit. satu setengah dr cisentor kami beristirahat di kali putih sembari menunggu tim2 lain berkumpul.
setelah itu perjalanan dilanjutkan dgn mendaki bukit yg sangat panjang dimana sekelilingnya ilalang yg tingginya menutupi kami smua. tak lupa sambutan jelatang djancuk sempat mencipok lengan saya hingga meninggalkan bekas merah sprti terbakar, sungguh bnr2 djancuuuuuk. setelah memasuki kawasan hutan cemoro kandang perjalanan menjadi lbh ringan krn tinggal menyususi punggungan2 bukit menuju ke taman hidup. kamipun berpacu dgn matahari yg mulai redup utk mencapai telaga taman hidup. menuju taman hidup kita akan melewati hutan belantara yg maha lebat yg krn lebatnya sinar matahari sore itupun tdk sanggup menembusnya. sungguh inilah hutan belantara gunung yg paling sempurna di pulau jawa.
hampir 2 jam kami membelah lebatnya hutan yg semakin gelap dmn setiap tim sdh berlomba2 mencapai taman hidup sebelum gelap bnr2 datang.pukul 18.00 kami merapat di taman hidup yg tinggal menyisakan bayang2nya sj. di taman hidup rombongan berpisah dgn 8 org msh tinggal di taman hidup & 6 org lngsung turun ke bremi.
suasan mlm di taman hidup terasa mencekam saat tengah mlm hampir semua penghuni tenda mendengar derap langkah sepatu boot yg mengitari tenda kami satu persatu. alhamdulillah tdk terjadi pewristiwa apaun pd mlm itu & paginya pukul 8 kami meninggalkan pesono taman hidup yg lengang.

DAY 7
dr taman hidup tim yg tinggal 8 org berjalan berkelompok membelah hutan belantara. hampir 1 jam kami smua msh berjalan memnembus hutan yg gelap. suasana panas mulai terasa ketika kami smua mulai memasuki batas ladang dgn hutan. bnyk asap disana sini yg ditimbulkan oleh warga yg membakar perdu utk membuka lahan pertaninan.
tepat pukul 11 kami sampai di mapolsek krucil / bremi & kami membersihkan diri serta beristirahat menunggu bus umum yg ada tiap 4 jam sekali. & tepat pukul 1 siang kami smua sdh berada didlm bus kecil yg mengangkut kami ke probolinggo utk diteruskan ke surabaya. alhamdulillah kami smua berkumpul kembali dng rombongan awal di surabaya pukul 19.00.

DAY 8
setelah kembali bermalam dirmh sahabat kami mpronk, siangnya kami berpamitan utk pulang ke tempat kami masing2 dgn menggunkan kereta dr sta wonokromo yg terpakssa kami byr lbh utk harga tiketnya krn tiket resmi sdh habis, shgga kami terpaksa membeli dr calo yg bnyk beroperasi di stasiun tersebut.
perjalananan panjang ini tdk akan kami lupakan.....
UCAPAN TERIMA KASIH KAMI KEPADA :1. Mpronk & Keluarga serta tmn2 Pemula Adv Sby2. Bang Jhony KPA Situbondo3. Mapolsek Besuki4. Mapolsek Krucil / Bremi5. Bp. Sur & jajaran Polhut PHPA Baderan6. Semua tim xpdc argopuro KPGI7. Semua teman2 member KPGI tnp terkecuali
SALAM LESTARI

By : Argafranky Chandra Wahyudhi (komunitas pendaki gunung indonesia)