no iklan ( no commercial )

page

Senin

Argopuro belum selesai

ISTANA ATAP LANGIT ARGOPURO

bangunan itu masih berdiri kokoh di puncak rengganis argopuro hingga kini. fenomena yang tidak bisa dijumpai di gunung manapun di nusantara ini. sebuah bangunan induk masih terlihat utuh biarpun usianya sudah berabad-abad lamanya, lengkap dengan gapura pintu masuk & bilik ruang di dalamnya. biarpun hanya menyisakan tembok batu setinggi semeteran namun bisa menandakan di puncak ini pernah berdiri bangunan besar dari susunan batuan gunung yang entah direkatkan dengan apa (yang pasti bukan dengan semen sebagai perekatnya). di puncak ini terdapat 3 buah sisa bangunan kuno. bangunan paling bawah merupakan bangunan yang paling utuh dengan luas lebih dari 20 m persegi yang dilengkapi dengan gapura pintu msk & beberapa bekas ruangan yang dipetak kecil2.
di atasnya terdapat lagi puing bangunan yang tinggal dinding2 dari batu hitam yang susah dikenali lagi bentuk bangunan awalnya. di sekitar bangunan ke 2 terdapat komplek makam kuno lengkap dengan batu hitam sebagai nisan diatas tanah kapur yang jumlahnya mungkin puluhan.
bangunan paling atas hanya menyisakan dinding batu mirip pagar pembatas yang hampir mengitari puncaknya di sebelah kiri. sebuah makam kuno terdapat dipuncaknya.
adakah hubungan bangunan2 itu dengan Dewi Rengganis, sebuah legenda dari selir kesayangan Raja Majapahit yg karena ramalan seorang empu dia harus diasingkan ke puncak gunung ini.
terlepas dari legenda atau tidak, yang pasti untuk melihat puing itu diperlukan perjalanan berat selama 3 hari untuk mencapai puncaknya.
hmmm istana diatap langit & legenda putri yg malang tetap menjadi misteri sampe sekarang.

Argafranky Chandra Wahyudhi

0 komentar:

Posting Komentar