no iklan ( no commercial )

page

Kamis

Pesona Air Terjun Sikarim

kali ini saya kepengen mengulas sedikit obyek wisata yang ada di Kabupaten Wonosobo, Curug Sikarim orang sunda biasa menyebutnya. Air terjun Sikarim merupakan obyek wisata yang jauh dari pemukiman penduduk, namun demikian Obyek wisata ini menawarkan sisi keindahan berupa, latar belakang bebukitan yang menjulang dan sekitarnya banyak ditumbuhi tumbuhan langka yaitu, Pakis Galar. Air terjun yang memiliki ketinggian ± 80 meter ini terletak di desa Mlandi Kecamatan Garung 20 km sebelah utara kota Wonosobo.


Banyak sebagian wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo belum mengetahui bahwa ada air terjun yang sangat indah di Desa Mlandi. Mungkin para wisatawan hanya tahu ada Telaga Menjer, dikarenakan hanya ada petunjuk tempat wisata Telaga Menjer, di gapura PLTA Garung menuju Telaga Menjer. Sedang Air Terjun Sikarim tidak disebutkan, padahal perjalan dari Garung, Wonosobo ke Air Terjun Sikarim sangatlah indah.

Disepanjang perjalanan kita akan disuguhi jalan yang menaik tajam dan berkelok, dan hamparan tanah pertanian yang beragam, dari kubis, wortel, jagung dan masih banyak lagi. Disamping itu keadaan alam yang masih alami, dan dari ketinggian itu kita bisa melihat kota Wonosobo, bahkan Kabupaten Banjarnegara.
Gunung kecil benar-benar berada didekat kita, apalagi bila siang sedikit kabut sudah mulai turun menyelimuti alam. Rasanya kita manusia begitu kecil di alam yang luas ini. Ada beberapa desa yang dilewati antara lain Desa Mlandi, desa yang selalu bersuasana religius, dengan penduduk yang mayoritas adalah petani ada juga pegawai dan guru.

Gemuruh suara air terjun di Curug Sikarim Wonosobo, Mampu menentramkan jiwa pengunjung, ditambah lagi udara sejuk dan pemandangan yang begitu elok. Tak sedikit pengunjung yang enggan meninggalkan Air terjun sikarim, Pasalnya penggunjung disuguhi beraneka pesona alam yang begitu memikau.

Sedangkan akses menuju air terjun sikarim dapat melalui jalur Garung, Wonosobo maupun jalur Sembungan, Dieng. Untuk saat ini belum ada transportasi yang menuju Curug Sikarim. Jalan menuju ke Air Terjun Sikarim memang sebagian agak kurang bagus, tapi itu tidak mengurangi keindahan alamnya yang begitu Eksotis. Dari jalan ini juga kita bisa menuju Dieng, cuma jalan sempit menanjak dan berliku-liku.Mungkin hanya cocok memakai mobil sejenis jeep atau station wagon, karena disamping jalan yang berbatu-batu ada tanjakan yang agak tinggi sehingga dibutuhkan mobil yang kuat nanjak. Serta bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan bermotor harus dipersiapkan motornya terlebih dahulu agar bisa melewati medan yang cukup sulit.




1 komentar:

m-fahrin mengatakan...

terimakasih atas infonya sangat membantu

Posting Komentar