no iklan ( no commercial )

page

Rabu

Sedekah Bumi

orang-orang tradisional jawa yang tinggal di jawa maupun bagian lain indonesia banyak yang merayakan 1 suro yang dipandang sebagai hari sakral. secara tradisi turun temurun, kebanyakan orang  mengharapkan “ ngalap berkah” mendapatkan berkah pada hari besar yang suci ini. pada malam 1 suro, biasanya orang melakukan laku prihatin untuk tidak tidur semalam suntuk atau selama 24 jam.


1 suro adalah tahun baru menurut kalender jawa. berbeda dengan perayaan tahun baru kalender masehi yang setiap tanggal 1 januari dirayakan dengan nuansa pesta , orang jawa tradisional lebih menghayati nuansa spiritualnya.

masyarakat selo salah satu dari mereka yang merayakan. mengingat begitu besarnya jasa-jasa yang telah diberikan oleh "tokoh-tokoh" penghuni gunung merapi, maka sebagai wujud kecintaan mereka dan terima kasih terhadap gunung merapi masyarakat di sekitar gunung merapi memberikan suatu upeti yaitu dalam bentuk upacara-upacara ritual keagamaan. sudah menjadi tradisi keagamaan orang jawa yaitu dengan mengadakan selamatan atau wilujengan, dengan melakukan upacara keagamaan dan tindakan keramat.

di selo setiap tahun baru jawa 1 suro diadakan upacara sedekah gunung, dengan harapan masyarakat menjadi aman, tentram dan sejahtera, dengan panen yang melimpah. upacara ini disertai dengan menanam kepala kerbau di puncak Merapi atau di pasar bubrah.

apakah acara tahun ini tak terhalang cuaca buruk? berhasilkah rombongan mencapai puncak merapi?  ada apa sajakah rentetan acara yang berlangsung?






6 komentar:

Unknown mengatakan...

Simple blog

Nice

wedus gembel adventure mengatakan...

makasihhhh....

Wahyu mengatakan...

hati-hati bro makan / santab bareng, maen cocol sana sini seperti saat kendurian potensi penularan penyakit Hepatitis A semakin besar, simak ulasannya di tempat ane :)
salam kompak !

wedus gembel adventure mengatakan...

sip untuk infonya...nanti klo makan bisa menghindar...aku hanya mau liat proses acara budayanya...nimbrungnya itu doank...ok langsung ke TKP

Wisata Malang mengatakan...

hm, memang kalo pas lagi malem2 yang sakral kayak gni perbanyak sedekah bisa banyak pahala juga dan insya dapet rejeki yang melimpah juga. hehehe, semoga bermanfaat ya sobat.

wedus gembel adventure mengatakan...

sip..ok...nambah tabungan...

Posting Komentar