no iklan ( no commercial )

page

Senin

secuil dari kaki sindoro


Desa Kledung berada di lembah yang diapit oleh Gunung sindoro dan Gunung sumbing berada di kabupaten Temanggung Jawa tengah. Daerah ini termasuk dataran tinggi dan cocok untuk daerah pertanian. Selain pos pendakian Gunung sindoro, pos pendakian Gunung sumbing juga terdapat di daerah Kledung ini. sebelum pendakian terlebih dahulu kita registrasi di basecamp kledung.dikarenakan tempatnya lumayan besar dan ditunjang fasilitas MCK, para pendaki memanfaatkan untuk istirahat terlebih dahulu sebelum memulai pendakian.

 
dari basecamp kledung ke pos I kita akan melalui jalan berbatu rapi dengan lahan pertanian disampingnya sejauh sekitar 2 km dan hutan pinus setelahnya menjelang Pos I Sibajing, dengan ketinggian 1.900 mdpl. ingat kita harus isi penuh tempat air kita dikarenakan selama pendakian tidak dijumpai mata air selain di puncak
Dari pos 1 kita berbelok ke kanan, kita akan mendaki dan menuruni 2 buah punggungan gunung. 
Jalur bergeser kepunggungan yang lain melintasi beberapa jembatan kayu. pohon pinus dan lamtoro selama  perjalanan akan membawa suasana sejuk. pos II di ketinggian 2.120 mdpl 
Untuk sampai pos III kita akan melewati medan yang terjal dan berbatu, terdapat batu besar ditengah jalan setapak. kita bisa beristirahat diatas batu sambil menikmati keindahan alam sekelilingnya dan tentunya Gunung sumbing yang tepat berada didepan pandangan kita.
Jalan tanah berdebu bercampur kerikil seringkali menyulitkan pendakian. medan mulai terbuka selepas pos II sehingga disiang hari akan terasa panas. tapi dengan view yang mempesona menjadi hiburan selama pendakian yang melelahkan. Pos III (Seroto) berada di ketinggian 2.530 mdpl lokasinya terbuka dan cukup luas untuk mendirikan belasan tenda. Dari sini kita akan menyaksikan pemandangan yang sangat indah ke arah gunung Sumbing.
Pemandangan lereng terjal gunung Sindoro serta puncak bayangan yang nampak di depan mata sangat indah untuk dinikmati dan sayang bila dilewatkan.
Dari pos III pendakian masih melintasi jalan berbatu yang terjal disertai dengan kerikil dan debu. Meskipun medan sangat berat kawasan ini agak rindang karena banyak ditumbuhi oleh pohon lamtoro dan tanaman perdu setelah mencapai puncak bayangan pertama, pendaki harus menghadapi puncak bayangan berikutnya yang kelihatan sangat tinggi dan curam selama perjalanan menuju puncak bayangan kedua medan akan terasa sulit ini dikarenakan medannya sangat terjal dan terik mentari terasa menyengat, kelelahan dan kehausan akan mendera para pendaki. 
tapi tenang medan yang kita lewati ditumbuhi oleh pohon lamtoro dalam jarak yang agak dekat sehingga bisa digunakan untuk berteduh sebelum puncak sindoro bunga adelweis banyak tumbuh, ini juga bisa digunakan untuk berteduh para pendaki dari sinar matahari. sesampai di puncak sindoro kalau tidak terhalang kabut kita akan melihat kawah yang begitu indah hasil letusan dahulu kala. 
puncak sindoro tak jauh beda dengan puncak sumbing tak terlalu luas dan terdapat bebatuan besar yang ditumbuhi bunga adelweis mengelilingi kawah bila beruntung kita akan melihat gunung sumbing di arah selatan, gunung merbabu dan merapi di arah timur oia kawah gunung sindoro dimusim hujan seperti ini akan terpenuhi dengan air dan membentuk danau kawah,para pendaki dapat mandi serta mengambil air dari danau tersebut

0 komentar:

Posting Komentar